Minggu, 14 November 2010

Audio Converter


“Berkontribusi Dengan Yang Terjangkau” ya, inilah maksud  tulisan yang akan membahas sedikit tentang konversi file audio cd pada cd lagu asli. Mengapa harus belanjakan sejumlah rupiah kalo hanya untuk mendapatkan album dari band atau artis idola kalau ada yang gratisan di internet tinggal unduh mudah murah tanpa repot-repot ke toko kaset...! hal ini mungkin saja menjadi alasan sebagian orang untuk mendapatkan lagu-lagu favorinya tanpa keluar uang. Membeli audio cd asli berarti kita telah berkontribusi pada negara dan pada artis atau band idola kita. Sebenarnya harga audio cd yang beredar di pasaran berkisar Rp.30.000 – Rp.50.000 berbeda jauh dengan vcd yang mungkin harganya dua kali lipat, dengan harga yang terjangkau harusnya tak ada lagi alasan untuk mendengarkan lagu-lagu bajakan.

Menyalin file dari cakram audio tak seperti menyalin file lain dari cakram lain, hal ini karena file
dengan tipe ini hanya bisa didengarkan, “tapi itukan repot tiap mo ganti lagu dari grup band berbeda harus ganti cakram atau cd”.

Banyak aplikasi gratisan di internet yang kegunaannya untuk konvert file-file musik salah satunya AIMP2 Audio Converter. Sebenarnya ini berawal dari pengalaman pribadi saya ketika berbelanja pada salah satu pusat perbelanjaan, karena penasaran dengan harga kaset asli maka masuklah saya pada sebuah outlet penjualan kaset asli hal pertama yang saya lakukan ialah melihat harga pada cover kaset, saya terkejut ketika melihat harga kaset salah satu grup band hanya dengan harga Rp.35.000,- harga yang terjangkau itu membuat saya menyambangi kasir untuk bertransaksi. Setelah diputar “kok hanya keluar suara gambarnya mana....?” tanya saya pada komputer (yang ini jangan ditiru) setelah saya teliti dengan seksama ternyata tipe filenya ialah audio cd, mungkin karena ini  membuuat harganya terjangkau. 

AIMP2 Audio Converter  yang awalnya hanya iseng diunduh kemudian saya pasang pada komputer menarik perhatian saya. Rangkaian kata audio converter membawa kursur mouse untuk melihat keunikan aplikasi ini, setelah menjalankan aplikasi ini saya menjoba mengonfersi file pada audio cd menjadi mp3, voila... ternyata hasil kerja aplikasi ini bersesuaian dengan apa yang saya pikirkan file tadi berubah menjadi mp3 yang artinya menjadi file yang mandiri dan dapat disalin.

Berikut  Sistematikanya: 




Gambar 1. Tampilan AIMP2 Audio Converter (klik link ini untuk unduh aplikasi1 menunjukan langkah memilih file. Setelah terbuka akan seperti Gambar 2







Gambar 2. Langkah selanjutnya memilih file yang akan dikonversi kemudian klik open






Gambar 3. Setelah terbuka file yang dipilih tampilanya seperti ini kotak merah dan biru yang dikelilingi tandah panah bukan merupakan tampilan aselinya, itu menjelaskan jika menakan panah kebawah dalam kotak merah bertujuan menggati tipe file setelah konversi atau tipe file audio yang anda mau. Pada kotak biru merupakan direktori untuk menyimpan hasil konversi, (C:\) ialah direktori default. Kemudian klik pada angka tiga di kanan atas untuk memulai







Gambar 4. Setelah memulai inilah proses konversi











Gambar 5. Tanda ceklist menunjukan proses konversi telah selasai dengan  sukses








Terimakasih telah membaca tulisan ini, komentar dari kawan-kawan semoga dapat menambah kekayaan tulisan ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar